Cara reset password root mysql di linux

0
Hm…..tidak terasa sudah hampir 30 menit depan si kompi nih, utek-utek mysql kok ga bisa-bisa login, waduh susah memang kalo sudah tua gini (ah….masa sih? padahal masih imut gini wak..ka.aka.k) cepat pikun jadinya, setelah searching-searching dalam waktu yang cukup lama, akhirnya ketemu juga caranya, hm…….akhirnya bisa deh masuh ke root mysqlnya…….(hore……hore…..)
Oke langsung aja deh, mungkin sebelum langsung mereset password mysqlnya ada baiknya lihat dulu problemnya, saya kasih screenshotnya aja dulu deh……. Seperti itulah gambaran kalo tidak bisa masuk ke root mysqlnya…….oke kita lanjut ke langkah mereset passwordnya. 1. Ketikan perintah mysqld_safe –skip-grant-tables & , perintah ini berfungsi untuk menghidupkan daemon mysql yang bisa login tanpa menggunakan password, berlaku untuk semua privileges.
2. Setelah daemon mysql tanpa login sudah running, maka selanjutnya ketikan perintah berikut untuk masuk ke dalam mysql, mysql -u root -p maka akan muncul layar yang sudah tidak meminta memasukan password lagi alias kita sudah bisa masuk ke mysql kita tanpa password.
mysql > use mysql; mysql > update user set password=PASSWORD(“ntaunahukeni”) where User=’root’; ganti “ntaunahukeni” dengan password root yang ingin diganti; mysql > flush privileges; mysql > quit 3. Setelah password disetting maka proses mysql distop agar konfigurasi mysql yang sudah dikonfigurasi bekerja.
4. Untuk melihat apakah perubahan yang kita lakukan bekerja apa tidak, coba jalankan kembali mysqlnya, /etc/init.d/mysqld start, kemudian coba masuk ke mysql dengan mengetikan perintah berikut mysql -u root -p, jika muncul Enter password (artinya diminta untuk memasukan password yang sudah dimasukan tadi) berarti konfigurasi kita telah berhasil.
5. Setelah login coba lihat database apa saja yang ada dalam mysql database kita dengan cara mengetikan perintah berikut ini mysql > show databases ;
Hm……sekarang sudah selesai deh, sekarang kita sudah bisa masuk/login ke mysql.
Ditulis Oleh : Samada-angi Sumber : kasamamori.staff.umm.ac.id

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top